Tengok Alumni STIE ‘YPPI’ Rembang

Tahun 2015 menjadi moment bersejarah STIE YPPI, karena ditahun ini STIE YPPI tepat berumur 15 tahun. Sejak ditetapkannya tahun 2000 menjadi tahun kelahiran Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
satu-satunya yang ada di kabupaten Rembang, yang memiliki dua program studi yaitu Akuntansi dan Manajemen. Pada tahun 2014 perguruan tinggi yang memiliki visi menjadi perguruan tinggi terkemuka di Pantura Jawa Tengah bagian Timur Paling lambat pada tahun 2025 yang menghasilkan lulusan unggul dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi, berjiwa entrepreneur, dan mandiri, ini telah mampu mewisuda 614 orang baik dari program studi Manajemen dan Akuntansi.

Alumni-alumni STIE YPPI telah bekerja di berbagai bidang dan ada juga yang belum bekerja. Dari hasil survey tim redaksi majalah Balance melalui sms, alumni STIE YPPI terbagi menjadi beberapa katagori. Alumni yang sudah bekerja di instansi pemerintah maupun swasta, alumni yang melanjutkan kuliah pasca sarjana, alumni yang menjadi seorang pengusaha, dan alumni yang masih menunggu panggilan kerja atau berproses memilih menjadi seorang pengusah. Keras dan cepatnya persaingan di era globalisasi menuntut keunggulan kompetensi baik secara komparatif maupun secara kompetitif. Secara komparatif keunggulan kompetensi sangat ditentukan oleh kualitas pembelajaran di perguruan tinggi. Secara kompetitif keunggulan kompetensi sangat terkait dengan kreativitas, inovasi, dan kemampuan beradaptasi terhadap tuntutan-tuntutan dunia kerja yang terus menerus berubah.

Dari survey tim redaksi majalah Balace kemarin menyimpulkan bahwa alumni STIE YPPI yang di wisuda pada tahun 2012-2014 hampir 5 persen masih menunggu panggilan kerja atau proses memilih menjadi seorang pengusaha. Banyak alumni yang sudah berwirausaha tapi berhenti karena beberapa faktor yang terjadi di lingkungan, adapula alumni yang keluar masuk instansi karena tidak cocok dengan pekerjaannya. Tak sedikit pula alumni STIE YPPI mampu berwirausaha dengan sukses. Danny Indra Hermawan, SE alumni tahun 2012 dari program studi manajemen sukses berbisnis Errormonster Clothing dan Freelance Designer & Illustrator. Edi Susanto, SE pengusaha telur puyuh, dan Hadi Ria Ariyanto, SE pengusaha barang bekas, besi. Mereka adalah sebagian kecil alumni yang sukses berwirausaha dan masih ada banyak lagi alumni yang sukses berwirausaha yang tidak bisa kami sebutkan semuanya.

Dari program studi Manajemen dan Akuntansi tidak ada perbedaan yang signifikan dalam after graduate. Lepas dari perbedaan program studi yang ada di STIE YPPI Rembang tak sedikit juga alumni yang mampu berwirausaha dengan sukses dan bekerja di instansi pemerintah maupun swasta dengan menduduki jabatan penting di organisasi tersebut. Salah satunya adalah alumni 2014 dari progdi akuntansi STIE YPPI yang bekerja di SMAN1 Kragan dan menjabat sebagai bendaraha sekolah adalah Riana Puspasari, SE. Beliau menjelaskan dalam perbincangan dengan tim redaksi majalah Balance,”Saya merasa terbantu dari ilmu yang diperoleh dari kuliah di STIE ‘YPPI’, karena dari ilmu yang ditularkan Bapak/Ibu dosen membantu saya dalam hal pekerjaaan, khususnya mengenai hal keuangan di instansi tempat saya bekerja”.

Dari hasil wawancara dan survey lewat sms, alumni yang semasa kuliahnya aktif berorganisasi rata-rata mereka kini sudah bekerja di instansi pemerintah maupun swasta, dan mampu berwirausaha dengan mandiri dan sukses hal ini menunjukkan cerminan untuk STIE YPPI menjadi kampus wirausahawan. Tinggi rendahnya IPK yang di peroleh alumni juga tak memilki pengaruh yang terlalu besar dalam after graduate.

Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *