Asisten Deputi Bidang II Kemenpora “mampir” di Kiprah Pemuda STIE ‘YPPI’ Rembang

bRembang, (30-31/4/2016), dalam rangka memperingati Dies Natalis STIE ‘YPPI’ Rembang yang ke 16, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menyelenggarakan rangkaian kegiatan dengan nama “Kiprah Pemuda”. Kegiatan yang terdiri dari Sarasehan, Talk Show, Expo Bisnis, Peresminan Masjid dan Parade Musik ini dihadiri oleh Asisten Deputi II Kemenpora Bidang Kewirausahaan Pemuda, Bapak Drs. Ponijan, MM. Selain itu juga kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Rembang Bapak H. Abdul Hafidz, Tokoh Masyarakat Gus Mus dan diikuti oleh SMA se Kabupaten Rembang, mahasiswa dan santri se Jateng.

Kegiatan Kiprah Pemuda ini diawali acara Sarasehan dengan tema “Membangun Sinergitas Untuk Menciptakan Wirausaha Baru”. Kegiatan yang diikuti oleh Mahasiswa dan Santri se Jateng ini dibuka Bapak Drs. Ponijan, MM. Dalam keynote speaking-nya mengatakan pemerintah sangat mendukung sinergitas antara perguruan tinggi, pesantren dan dunia usaha. Karena sinergisitas untuk menciptakan wirausaha tersebut mempunyai dua manfaat sekaligus, yaitu membuka kesempatan kerja baru dan meningkatkan daya saing perekonomian dengan adanya wirausaha yang tangguh. Sama halnya yang disampaikan oleh Bupati Rembang Bapak H. Abdul Hafidz. Generasi muda kini berwirausaha karena dengan wirausaha seseorang akan mandiri bahkan dapat memberi pekerjaan orang lain dan generasi muda jangan sampai hanya bercita-cita sebagai pegawai negri saja, ujarnya.

Setelah membuka Sarasehan, rombongan Kemenpora dan Bupati yang ditemani Ketua STIE ‘YPPI’ Rembang Bapak Muhammad Tahwin, meninjau stand-stand expo bisnis guna melihat potensi generasi muda untuk berwirausaha. Stand yang berjumlah 30 ini terdiri mahasiswa dan pelajar yang memaerkan produk-produk wirausahanya.

Rombongan berlanjut untuk peresmian masjid kampus Al Muzayyin oleh Gus Mus. Dengan didampingi oleh Ketua Yayasan Pengembang Potensi Insani, Bapak Mudzakir MZ, Gus Mus menandatangani prasasti masjid Al Muzayyin.

Selain Sarasehan dan Expo Bisnis, esok harinya diselenggarakan Talk show seputar dunia bisnis kreatif dengan tema “Datang Sebagai Mahasiswa, Lulus Sebagai Wirausaha”. Acara yang dinarasumberi oleh wirausahawan muda, Binta Muzaidah, Samsu Hadi dan Febri Purwanto, berhasil menghipnotis para peserta yang hadir untuk menumbuhkan minat berwirausahanya. Salah satu narasumber, Binta Muzaidah, mengatakan banyak orang menyadari bahwa bekerja di suatu perusahaan sering kali membosankan, kurang menantang dan tidak ada daya tarik. Hal ini tentu tidak berlaku bagi seorang wirausahawan, bagi mereka tidak banyak perbedaan antara bekerja atau menyalurkan hobi atau bermain, keduanya sama saja. Peserta yang terdiri dari mahasiswa, pelajar dan kalangan santri se Rembang ini mengaku sangat termotivasi untuk berwirausaha dalam generasi muda.

Kegiatan Kiprah Pemuda ini juga dimeriahkan oleh parade musik dari berbagai kalangan generasi muda. Selain dari group band mahasiwa, parade musik ini juga dimeriahkan band-band lokal dan juga dari kalangan pelajar.

Acara yang diselenggarakan total dua hari ini cukup meriah dan memberikan kesan tersendiri bagi generasi muda. Sehingga dapat merangsang generasi muda tidak takut untuk mencoba berwirausaha mulai saat ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *