Pemain Baru Bisnis Ikat Pinggang dari Sendangmulyo, Sluke

15Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop), Ir. Muntoha MM., menyampaikan kepada peserta Workhsop Hasil Pengabdian Program IPTEKS bagi Masyarakat (IbM) Tahun 2016 Kelompok Usaha Kerajinan Ikat Pinggang Desa Sendangmulyo, Kec. Sluke, Kab. Rembang bahwa belum terdatabase bisnis ikat pinggang di pangkalan data Disperindagkop Kabupaten Rembang dan menyampaikan bahwa untuk membantu permodalan bisa dihubungkan dengan Bank Jateng.

Dr. Ir. H. Mudzakir MZ., MM., selaku Komisariat ABP-PTSI Wil. Semarang-Pati menambahkan untuk industri baru banyak yang harus dipertimbangkan agar bisnisnya tetap berjalan, salah satunya adalah penentuan harga yang matang agar tetap bersaing.

Mereka berdua adalah panelis dalam kegiatan ini (Kamis 22/09). Selain kedua panelis, acara ini dihadiri oleh Kelompok Usaha Kerajinan Ikat Pinggang Mawar dan Anggrek, Pengurus PKBM Budi Utomo yang membawahi kedua kelompok usaha, mahasiswa dan dosen STIE ‘YPPI’ Rembang.

Kelompok Usaha Kerajinan Ikat Pinggang ini terbentuk atas program IbM dari pendanaan Kementrian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) yang diketuai oleh Muhammad Tahwin SE., M.Si. dengan anggota A. Ahmad Aviv Mahmudi, S.Kom, M.Kom., dosen STIE ‘YPPI’ Rembang.

Permasalahan awal sebelum program IbM ini adalah rendahnya jumlah produksi, harga produk yang relatif tinggi, pemasaran dan administrasi keuangan yang terbatas. Luaran yang dihasilkan setelah adanya program adalah peningkatan jumlah produksi, dapat mencetak sendiri logo sehingga menekan biaya produksi, mempunyai media pemasaran blog, katalog dan brosur penjualan.

Tahwin menambahkan dengan program ini terdapat fasilitasi mesin jahit, etalase dan modem dengan harapan dengan mesin jahit Kelompok Usaha akan meningkatkan produktivitas pengrajin ikat pinggang. Etalase akan bermanfaat sebagai penyimpanan dan display produk. Sedangkan modem dapat membantu akses Kelompok Usaha memasarkan produknya secara online. (rQ)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *