Apakah Aktif Berorganisasi Menjamin After Graduate?

1Organisasi digunakan sebagai wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya. Setiap Perguruan Tinggi pasti terdapat organisasi, termasuk STIE ‘YPPI’ Rembang yang mempunyai
organisasi BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) yang merupakan suatu organisasi mahasiswa yang menjalankan organisasi serupa pemerintahan (lembaga eksekutif). Dipimpin oleh presiden BEM yang dipilih melalui pemilu mahasiswa setiap tahunnya. Ada juga alumni STIE ‘YPPI’ Rembang yang pernah menjabat sebagai Presiden BEM pada periode 2012- 2013 seperti saudara Misbahul Munir.

Alasan salah satu alumni program studi Akuntansi STIE ‘YPPI’ masuk organisasi BEM yaitu, dia ingin membangun organisasi itu sendiri dan menjadikan motivasi awal untuk dia masuk organisasi BEM. Kata Misbahul Munir “Kita harus bisa lebih baik dan kita juga harus bisa berdiri diantara teman-teman diluaran sana”, itulah motivasi dia untuk bisa masuk di organisasi BEM.

Setelah Munir masuk di organisasi BEM, Munir dipercaya oleh teman-temannya untuk menjabat sebagai Presiden BEM. Awalnya munir menolak untuk menjadi Presiden BEM, “Menurut saya, menjadi Presiden BEM itu adalah amanah yang sangat berat” itulah alasannya. Namun karena dorongan teman-teman dan pihak internal kampus STIE ‘YPPI’ Rembang yang mengatakan demikian “Kalau tidak kita, siapa lagi ??? masak orang lain yang di luar kampus kita”, itulah yang mendorong dia untuk akhirnya mau mengajukan diri sebagai calon Presiden BEM. Dan akhirnya atas dukungan dari teman-teman dan mahasiswa STIE ‘YPPI’ Rembang dia terpilih menjadi Presiden BEM pada periode 2012 – 2013.         Disisi lain, dia juga mengatakan, “organisasi memberi manfaat bagi kita yaitu untuk membentuk mental dan komunikasi, itulah yang sangat berpengaruh dalam dunia kerja”. Mahasiswa yang masuk organisasi termasuk BEM bukan jaminan untuk memperoleh pekerjaan, tetapi mempunyai peluang lebih besar karena mempunyai mental yang kuat dan cara komunikasi yang baik dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak pernah masuk organisasi. “Menurut saya, kalau mahasiswa masuk BEM biasanya mempunyai kemampuan berbicara dan mental kuat” ucap Misbahul Munir.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *