KETUA STIE-YPPI REMBANG LAKUKAN TEKEN MOU DENGAN PERPUSTAKAAN NASIONAL RI

Ketua STIE YPPI Rembang lakukan penandatangan MOU dengan Perpustakaan Nasional RI pada Senin, 16 Desember 2019. Teken MOU ini diikuti sebanyak 50 Perguruan Tinggi di Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur yang bertempat di Ruang Seminar Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Sukoharjo.

Kata Djoko Santoso, Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpustakaan Nasional “MOU dengan Perpustakaan Nasional ini sebagai payung hukum kerjasama berkelanjutan untuk pengembangan profesi, pelatihan, dan sistem e-katalog atau digital library.”

Pada kesempatan yang sama, digelar juga Seminar Nasional yang bertemakan “Networking & Reorientasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Era 5.0”. Seminar tersebut diikuti sebanyak 90 Pustakawan se-jateng. Setelah seminar nasional, dilakukan juga Musyawarah Daerah Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Tengah Tahun 2019.

Taufik Kasturi Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang sekaligus sebagai salah satu pembicara seminar mengatakan bahwa “Fenomena yang ada, perpustakaan hanya ruangan buku saja, petugasnya seperti karyawan, padahal mereka ahli dalam ilmu kepustakawanan. Ini yang harus dikembangkan, perpustakaan berbasis inklusisosial.”

Inklusi sosial dalam hal ini yaitu perpustakaan juga harus menjangkau masyarakat diluar perpustakaan, menfasilitasi masyarakat dan mengembangkan potensinya. (IM)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *