Tim PKM STIE YPPI Rembang, Kawal BUMDes Sumberjo

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) STIE YPPI Rembang, melalui program PKM 2019 mengawal penuh pendirian dan program pengembangan Manajemen Usaha BUMDes Bangun Yuwana Sumberjo Rembang. Tim PKM ini terdiri dari unsur Dosen dan mahasiswa yang diketuai oleh A. Aviv Mahmudi, M.Kom. dengan Anggota Dr. Damayanti, SE., M.Si, dengan anggota mahasiswa Muhammad Fadlil dan Sunarti. Program PKM dilaksanakan selama Bulan Oktober s.d November 2019.

PKM ini memiliki keterpentingan sendiri karena pendirian BUMDes akan mampu mengembangkan potensi masayarakat, peluang komersial/bisnis, serta layanan publik yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat yang belum terpenuhi di Desa Sumberjo. Melalui program PKM ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas Manajemen Usaha, Operasional dan Sumber Daya Manusia.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat secara resmi dilaksanakan mulai pada hari Kamis, 31 Oktober 2019. Kegiatan tersebut dimulai dengan acara pembukaan PKM di Desa Sumberjo dengan menghadirkan Bapak Camat Rembang, yang sekaligus Secara resmi membuka program pengabdian, Dinpermades Kab. Rembang, Ketua LPPM STIE YPPI Rembang, Kepala Desa Sumberjo dan Peserta program pengabdian masyarakat yaitu penglola BUMDES “Bangun Yuwana” Desa Sumberjo dan perangkat Desa Sumberjo.

Selanjutnya dilaksanakan kegiatan pelatihan adapun pelatihan tahap pertama dengan materi Pelatihan Pengenalan BUMDES oleh Ibu Sri Isti Handayani, S.Sos (Dinpermades Kabupaten Rembang). Materi pelatihan ini diantaranya memberikan pemahaman pentingnya membangun BUMDes, karena sangat menguntungkan bagi warga desa. Mulai dari pembentukan, tahapan, mekanisme dan cara mengelola BUMDes, menentukan kelayakan rencana bisnis pembentukan BUMDes awal. Menyusun dasar hukum pendirian BUMDes, ini mengharuskan perwakilan desa untuk pendirian BUMDes menyusun struktur organisasi, mulai dari tingkat teratas hingga terbawah. Menyusun peraturan yang sesuai dengan undang-undang yang berlaku, ini sebagai landasan hukum agar BUMDes berdiri tanpa adanya gangguan. Sistem penyusunan Akuntansi dan SOP BUMDes, penyusunan anggaran dana dan laporan pertanggungjawaban setiap periode tertentu dengan melihat perkembangan BUMDes. Melakukan praktik langsung penyusunan dasar hukum, penyusunan anggaran serta LPJ BUMDes.

Peserta pelatihan juga diberikan materi Motivasi Usaha oleh Dr. Damayanti, SE., M.Si. sehingga diharapkan mampu memberikan motivasi bagi pengelola BUMDES “Bangun Yuwana” Desa Sumberjo agar bisnis yang dijalankan tetap berjalan optimal.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *