Manifestasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, STIE YPPI Rembang Melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2021

 

 

Rembang – Pengabdian Kepada Masyarakat dari STIE YPPI REMBANG dengan programnya yaitu Pendampingan Pengelolaan dan Pengembangan Kelompok Bermain Mekar Kelurahan Sidowayah Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang,yang dilaksanakan oleh Anik Nurhidayati,SE.,MM selaku Dosen STIE YPPI Rembang sekaligus ketua pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat STIE YPPI REMBANG Tahun 2021di Kelompok Bermain Mekar.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kewajiban dosen sebagai bagian dari tri darma perguruan tinggi. Dosen tidak hanya berfungsi sebagai pengajar dilingkup kampus bagi mahasiswa, tetapi juga sebagai manajer, administrator, serta sumber daya manusia yang memiliki ilmu pengetahuan. Dosen memiliki peran yang amat penting dalam melakukan hilirisasi berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menelaah dan memecahkan setiap permasalahan yang ada dimasyarakat secara pragmatis ilmiah. Tim pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat STIE YPPI Rembang juga diikuti dari mahasiswa prodi S1 Akuntansi yaitu Yoga Alen Falefi dan prodi S1 manajemen yaitu Putri Dewi Permatasari, turut berperan dalam membantu dan memecahkan permasalahan masyarakat sekitar, berupa pemberian pelatihan pengelolaan dan pengembangan kelompok bermain mekar.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan dilaksanakan pada Sabtu 18 September 2021, secara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat dan jumlah kehadiran yang terbatas, guru/pengelola kelompok bermain mekar sebagai peserta. Pengelola Kelompok Bermain Mekar Ibu Sulastri, dalam sambutannya menyampaikan bawasannya kelompok bermain mekar yg sudah berusia lebih dari 20 tahun, dalam kesempatan ini beliau berterimakasih dan mengapresiasi kepada STIE YPPI REMBANG karena pada kesempatan ini mereka akan mendapatkan ilmu yang baru yang kedepannya akan membuat kelompok bermain mekar akan lebih baik dan maju.

“Pada kesempatan hari ini kami menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat, karena kami selaku Dosen mempunyai kewajiban untuk melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat, disini kami juga mengajak Mahasiswa kami untuk bisa ikut berpartisipasi. Saya berharap kedepannya atas materi yang diberikan bisa bermanfaat untuk kita semua dalam kegiatan hari ini, agar nanti kelompok bermain mekar lebih berkembang lagi.

Dalam sosialisasi Pengabdian Kepada Masyarakat dibekali materi dari Dosen STIE YPPI Rembang yaitu: Materi ke-1 terkait Administrasi Keuangan dari Nurma Gupita Dewi, SE., M.Ak. ,Materi ke-2 terkait Strategi Pemasaran dari Muhammad Tahwin, SE., M.Si. ,dan Materi ke-3 terkait Manajemen Pengelolaan dari Anik Nurhidayati, SE., MM.

Harapannya dalam kegiatan semacam ini dapat membantu dalam pengembangan, pengelolaan dan perbaikan dalam administrasi,marketing dan manajemen usaha secara digital/sistematis, tentunya dengan pilihan topik-topik yang lebih inovatif serta relevan dengan kebutuhan/permasalahan di lapangan. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberi alternatif/pilihan bagi guru maupun pengelola dalam penggunaan platform/aplikasi pembelajaran di kelompok bermain mekar bagi anak-anak usia dini.

 

Penulis : Yoga Alen Falefi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *