KULIAH UMUM STIE YPPI REMBANG TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPPI Rembang telah menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum dengan mengusung tema “Digital Mindset Solusi Hadapi Tantangan Bisnis di Era Digital”. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 13 November 2021 yang diselenggarakan secara daring (online) dengan menggunakan platform Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube. Kuliah umum tersebut menghadirkan dua narasumber yang luar biasa yakni Tio Anta Wibawa selaku Senior Data Scientist di PT. Bank BRI Tbk dan Bayu Puspito Bhaskoro selaku Chief Marketing dan Co-Founder Mindtera. Kegiatan kuliah umum ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dan seluruh civitas akademika STIE YPPI Rembang kurang lebih sejumlah 400 peserta. Dalam acara ini, turut diikuti pula oleh Bapak Dr. Ir. H. Mudzakir MZ., MM selaku pendiri YPPI Rembang dan Bapak H. M. Nawawi, B.Ed., M.Pd selaku Ketua YPPI Rembang.

Tio Anta Wibawa dalam pemaparan materinya menyampaikan perkembangan teknologi digital saat ini mendorong terjadinya disrupsi akibat digitalisasi dan robotisasi. Untuk itulah, mahasiswa diajak untuk bisa beradaptasi dan meningkatkan skill-nya. “Diakui atau tidak, mampu mengoperasikan berbagai teknologi terkini dengan baik menjadi salah satu cara untuk bertahan di era digital saat ini” pungkasnya. Sementara itu, Bayu Puspito Baskoro dalam acara ini juga mengatakan bahwa “Mahasiswa harus berani mulai membuat project-project aplikasi digital dari yang paling sederhana dulu untuk melatih dan meningkatkan skill”. Pesatnya perkembangan teknologi saat ini tentu menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi mahasiswa agar dapat mengubah pola pikir untuk bisa mempersiapkan diri menghadapi era digital.

Saat ini, kemajuan teknologi dan ruang digital memaksa para pelaku bisnis untuk mengubah model bisnis (business model) yang sudah ada. Untuk mengidentifikasi dan merespons secara efektif peluang dan ancaman digital dimasa depan, penting untuk mengembangkan pola pikir digital. Digital mindset bukanlah kemampuan untuk menggunakan teknologi, melainkan sikap dan perilaku yang memungkinkan orang dan organisasi untuk memahami suatu peluang. Oleh karena itu, agenda kuliah umum tahun ini mengambil tema mengenai digital mindset. Diharapkan kegiatan ini mampu membekali mahasiswa bahwa perubahan mindset diri mahasiswa menjadi sangat penting untuk dilakukan, mengingat pada masa seperti ini mahasiswa sebagai anak muda harus kreatif serta ikut serta dalam memperbaiki perekonomian nasional. Antusiasme peserta sangat terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber pada sesi tanya jawab. Sebagian besar pertanyaan terkait pada start up, teknologi dan aplikasi digital mobile.

Dalam kesempatan ini pula, Ketua STIE YPPI Rembang Drs. H. Muhammad Asrori, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai wujud upaya peningkatan mutu serta kualitas, STIE YPPI Rembang telah mengajukan perubahan bentuk menjadi Universitas YPPI Rembang adengan penambahan tiga program studi baru diantaranya Sistem Informasi, Aktuaria dan Statistika. Dengan upaya rebranding ini diharapkan dapat memberikan penguatan kelembagaan, differensiasi dan positioning yang tepat dan kuat bagi Universitas YPPI kedepannya. Acara ini diakhiri dengan penyampaian beasiswa secara online yang terdiri dari beasiswa KIP Kuliah, beasiswa UKT dan beasiswa prestasi non akademik STIE YPPI Rembang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.