Tim PKM STIE YPPI Rembang Optimalkan TI untuk KUB Sarwo Endah

Tim pengabdian STIE YPPI Rembang melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan tema Implementasi Teknologi Informasi, Digital Marketing dan Pengembangan Manajemen pada KUB Sarwon Endah Lasem Rembang. PKM ini diselenggaran pada bulan September sampai dengan Desember 2021. Adapun tujuan dari program PKM ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mitra mengenai pentingnya teknologi informasi pemasaran online dan digital marketing bagi usaha mitra; mengajarkan praktik teknologi informasi pemasaran online dan digital marketing dengan memanfaatkan jejaring sosial kepada mitra/pelaku UMKM, serta memberikan pengetahuan dan peningkatan pemahaman manajemen usaha dan keuangan.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat secara resmi dilaksanakan mulai pada hari Sabtu, 25 September 2021. Kegiatan tersebut dimulai dengan acara pembukaan PKM di lokasi Joglo Wisata Lengkowo, Karasgede, Lasem, Rembang. Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Desa Karanggede, Lasem, Rembang yang juga sekaligus ketua KUB Sarwo Endah, Lasem, Rembang (Ibu Sri Winarti), tim PKM (A. Aviv Mahmudi, M.Kom selaku ketua tim, Dr. Riskin Hidayat, M.Sc selaku anggota tim serta mahasiswa yang mebantu pelaksanaan PKM: Muhammad Fathur Rizki dan Hadi Lukito), serta 10 peserta yang menjadi mitra PKM.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan manajemen pemasaran berbasis teknologi informasi dengan pemateri dalam pelatihan ini adalah A. Aviv Mahmudi, M.Kom (Ketua Tim PKM). Tujuan materi ini adalah ingin memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anggota KUB Sarwo Endah/Pelaku UMKM melalui pemanfaatan teknologi e-commerce guna memperluas pemasaran penjual produk. Pemberian materi melalui pengenalan digital marketing dan e-commerce bagi pelaku UMKM dengan mengenalkan internet sebagai media baru dalam berkomunikasi, mengenalkan digital marketing dan e-commerce.

Selanjutnya dilaksanakan pelatihan manajemen usaha dan manajemen keuangan dengan pemateri Dr. Riskin Hidayat, M.Sc., ujuan dari pelatihan dengan materi motivasi usaha ini adalah memberikan motivasi bagi anggota KUB Sarwo Endah agar bisnis yang dijalankan tetap berjalan optimal. Sedangkan dalam pelatihan manajemen keuangan peserta dibekali pemahamanan tentang edukasi literasi keuangan memberikan solusi dalam membuat pencatatan transaksi keuangan pelaku usaha dapat dilakukan dengan sangat mudah, efektif, dan efesien.

Sedangkan pelatihan yang ketiga adalah Pelatihan Penerapan Digital Marketing dengan pemateri Wulan Suryandani, SE., MM, adapun materi pelatihan diantaranya pembuatan toko di e-commerce dan akun-akun media sosial yang menjadi trend dalam media promosi bisnis saat ini. Tim pelatihan akan mengajarkan membuatkan toko di e-commerce, tim pelatihan mengajarkan pembuatan akun media sosial dan mengelola akun tersebut, memberikan pelatihan bagaimana mengelola toko e-commerce tersebut serta memberikan pelatihan penggunaan pesan persuasif yang efektif untuk meningkatkan awareness calon pembeli.

Tim PKM selain memberikan pelatihan juga melakukan pendampingan, dalam hal pemanfaatan dan pengembangan IPTEKS. Dalam kegiatan ini, tim Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) STIE YPPI Rembang, melakukan pendampingan baik secara langsung dengan datang ke lokasi maupun melalui alat komunikasi yang lain untuk memastikan bahwa apa yang dilakukan oleh mitra telah dilakukan sesuai tujuan awal, monitoring dan evaluasi serta feed back terkait dengan penerapan pemasaran online dan digital marketing. Hasil evaluais yang dilakukan pleh tim PKM bahwa mitra KUB Sarwo Endah dapat mengimplementasikan marketplace, serta aplikasi catatan laporan keuangan berbasis android serta membuat desain digital marketing dengan baik sehingga mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung manajemen usaha dengan optimal (Aviv-2021).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.