Bidang Kewirausahaan

Pusat Kewirausahaan STIE ‘YPPI’ Rembang merupakan unit kegiatan yang bertugas membina dan mengembangkan minat serta potensi jiwa kewirausahaan di kalangan civitas akademika dan stakeholder, khususnya mahasiswa. Pengembangan potensi kewirausahaan ini menjadi  penting sebagai wujud nyata bagi pengembangan kurikulum STIE ‘YPPI’ Rembang yang berorientasi kepada  Entepreneur Collage.

Berbagai aktifitas telah dilakukan Pusat Kewirausahaan untuk mendukung terciptanya atmosfir kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan di lingkungan kampus, di ataranya mendorong mahasiswa dalam berbagai kegiatan kewirausahaan seperti lomba, pameran, kunjungan industri sampai dengan praktek secara langsung kewirausahaan. Program ke depan Pusat Kewirausahaan adalah mewujudkan terbentuknya 2 (dua) sub-unit kegiatan yaitu Laboratorium Kewirausahaan dan Klinik Usaha.

Terbentuknya Laboratorium Kewirausahaan dimaksudkan untuk mendukung aktifitas akademik mahasiswa yang berkaitan dengan kewirausahaan. Kegiatan yang dilakukan oleh Labolatorium Kewirausahaan adalah membentuk usaha nyata berupa Kantin Kampus  dan Toko Retail Modern.

Sub-unit kegiatan Pusat Kewirausahaan yang kedua adalah Klinik Usaha. Tujuan  terbentuknya Klinik Usaha adalah di peruntukkan bagi civitas akademika dan stakeholder, khususnya mahasiswa yang ingin berkonsultasi berkaitan dengan usaha yang telah mereka  miliki atau usaha yang mereka ingin dirikan. Di samping melakukan pelayanan konsultasi bisnis di lingkungan internal kampus, pembentukan Klinik Usaha juga di peruntukkan  pihak eksternal yaitu UMKM yang berkeinginan melakukan konsultasi usaha. Pelayanan eksternal Klinik Usaha ini adalah sebagian dari pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud  nyata dari Tri Darma perguruan tinggi.

Pengembangan jiwa kewirausahaan di lingkungan perguruan tinggi menjadi hal yang penting sebagai bekal mahasiswa ketika lulus dan memasuki dunia kerja. Dengan mengembangkan potensi kewirausahaan tersebut, di harapkan tercipta generasi muda  yang mampu menciptakan usaha bisnis, serta bersaing dalam perkembangan dunia kerja.

 Visi

  • Menjadi pusat kegiatan yang dapat menciptakan, mengembangkan dan membina potensi kewirausahaan civitas akademika dan stakeholder, khususnya mahasiswa STIE ‘YPPI’ Rembang.
  • Memberikan pelayanan kepada civitas akademika dan stakeholder, khususnya mahasiswa yang membutuhkan konsultasi bisnis berkaitan dengan kewirausahaan.

Misi

  • Mengembangkan pendidikan tinggi yang berbasis nilai-nilai kewirausahaan.
  • Mengembangkan kegiatan dan budaya kewirausahaan yang menjadi ciri khas dan keunggulan STIE ‘YPPI’ Rembang.

Program Pusat Kewirausahaan

Dalam Program Pusat Kewirausahaan di bagi 2:

  1. Program Kewirausahaan Kemahasiswaan
  • Mengadakan Seminar Pelatihan Laboratorium Kewirausahaan bagi mahasiswa.
  • Menyelenggarakan Layanan Konsultasi Kewirausahaan.
  • Melakukan Pendampingan dan Pengeleloaan bisnis melalui kegiatan Terapi bisnis.
  • Mengadakan Forum Diskusi (Kegiatan ini tidak menutup kemungkinan bagi civitas akademika dan stakeholder)

2. Program Unit Usaha

  • Membuat Kantin Kampus
  • Membuat Mini Market
  • Mengembangkan koperasi yang sudah ada

 

Contact Person:

Pusat Kewirausahaan STIE ‘YPPI’ Rembang

Rifqi Suprapto, SP., MM.

08112641812

lembaga.kewirausahaan.yppi@gmail.ac.id